Kegunaan dan Fungsi dari Silica Gel yang Sering Banget Kita Temui Sehari-hari

Bacaan 2 menit

Tiap bapak beli sepatu atau produk makanan dalam kemasan, beberapa di antaranya pasti mempunyai kantong Silica Gel. Tapi bapak tau gak sih fungsi dari Silica Gel itu buat apa?

Mengenal Silica Gel

Silica Gel adalah sebuah substansi yang tidak berbentuk dan berpori dari silikon dioksida ( SiO2 ) yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari ruangan yang bersuhu/berudara. Selain itu, Silica Gel juga mempunyai manfaat sebagai berikut,

  • Menghilangkan Bau
  • Menjaga barang yang sudah tua agar tetap awet
  • Melindungi produk-produk tertentu (Sepatu, Makanan Kemasan, Kosmetik, dan lainnya)

Beberapa jenis Silica Gel

Silica Gel mempunyai beberapa jenis dan ukuran, diantaranya adalah

Berdasarkan Ukuran

  1. Tipe A : Berpori-pori sempit dan biasanya terdiri dari jenis indikator dan non-indikator. Contoh dari jenis Tipe A Indikator adalah silica gel berwarna kuning yang warnanya menghilang ketika saturated.
  2. Tipe B : Berpori-pori besar, mempunyai kapasitas tinggi pada tingkat kelembapan yang tinggi, dan digunakan untuk mengontrol kelembapan. Tipe B ini menyerap uap air pada tingkat kelembapan tinggi dan melepaskannya pada tingkat kelembapan rendah. Tipe ini biasa digunakan untuk penyerap cairan (liquid absorbent), pengering dan carrier parfum, pasir silika dan lainnya.
  3. Tipe C : Berpori-pori mikro, translucent (tembus pandang), biasanya tipe ini yang jadi bahan baku buat silica gel untuk pupup kucing.

Pengaplikasian Silica Gel pada kehidupan sehari-hari

Contoh pengaplikasian yang sering kita temui adalah pada makanan kemasan, kotak sepatu, barang elektronik, obat-obatan, barang-barang di museum dan gudang, dan barang-barang berbahan kulit (leather). Silica gel pada contoh diatas berfungsi untuk menjaga kelembapan, mencegah korosi, menjaga produk agar tetap awet (pada makanan), dan lainnya.

 

Apakah Silica Gel berbahaya?

Silica Gel tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak reaktif serta stabil pada penggunaan sehari-hari. Tapi perlu diingat, Silica Gel akan bereaksi dengan hidrogen flouride, fluor, oxygen diflouride, chlorine triflouride, dan lainnya. Silica Gel juga dapat menyebabkan iritasi dan berbahaya jika tertelan. Jika kemasan Silica Gel diberi label Food-grade atau FDA-approved, berarti kemasan tersebut memenuhi standar keamanan jika bersentuhan dengan makanan. Jadi bisa dipastikan aman, selama tidak ditelan ya Silica Gel-nya, pak.

Semoga bermanfaat ya warga.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
165

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait