Kegunaan Lain Minyak Kayu Putih yang Mungkin Bapak Kagak Tau

07 Oct 2022

Minyak kayu putih ini sampe sekarang masih menjadi produk yang sering dipake semua kalangan mulai dari anak bayi sampe orang tua. Yak, bener banget pak, minyak kayu putih atau minyak dari daun eucalyptus ini sampe sekarang masih jadi andalan kalo saya lagi butuh kehangatan karena kedinginan atau buat ngeredain mual sama pusing. 

Sebenernya, saya coba cari tau lagi lebih lanjut nih pak, kira-kira ada gak ya kegunaan lain minyak kayu putih yang mungkin aja belom kita tau nih. Setelah saya coba cari tau sendiri, coba liat dari yang tetangga saya lakuin, dan orang-orang yang suka bawa kayu putih itu ternyata punya kegunaan lainnya nih. 

Bisa ngangkat daki
Saya waktu eksperimen ini agak sedikit kaget sih, pak. Biasanya kan kita ngebersihin itu pake sabun atau lotion yang khusus buat mencerahkan kulit. Ternyata, kayu putih juga bisa dipake buat ngangkat daki yang ada di lipetan kulit siku, kaki, atau lutut.

Caranya, tinggal olesin aja minyak kayu putih secukupnya ke kulit yang pengen dibersihin. Trus gosok area itu pake dua ruas jari pake gerakan muter-muter kaya mijet sampe daki-daki itu pada rontok. Abis semuanya selesai, jangan lupa bersihin sama tisu dan anduk ya pak. Abis itu bisa juga mandi biar makin bersih.

Ngebersihin noda di baju
Umumnya, kita ngebersihin baju kotor ya pake sabun cuci atau deterjen yang biasa dibeli di warung. Karena saya penasaran, akhirnya saya coba pisahin dua baju kaos kotor yang nodanya ringan dan belum terlalu lama buat dibersihin pake minyak kayu putih. 

Caranya cuma tinggal sediain kapas atau tisu buat ditetesin minyak kayu putih secukupnya. Abis itu, gosokin dah itu kapas ke baju yang ada nodanya. Saya cobain ini ke kaos yang ada noda setitik ya pak. Itu berhasil, belum nyoba ke baju jenis lain dengan noda yang lebih banyak sih. 

Ngebersihin layar hape dari bekas jari
Bekas jari di layar hape emang ngeganggu banget ya pak. Apalagi kalo bapak gak pake anti gores atau cuma pake yang murah, udah pasti bakal banyak ninggalin bekas sidik jari di layar atau casing-nya. Kayu putih bisa lho pak buat ngebersihinnya.

Bapak tinggal siapin kayu putih kecil, tisu kering sama basah ya. Sebelum dibersihin jangan lupa buka casing hape tambahan yang nempel. Tetesin kayu putih di tengah-tengah tisu yang udah dilipet 4 sisi. Abis itu gosok-gosok perlahan di hape bapak yang ada bekas nodanya. Jangan terlalu pake tenaga ya pak, inget kalo itu benda elektronik, biar enggak kenapa-kenapa. 

Bikin kaca kinclong
Saya suka nggak pede kalo lagi ngaca tapi kacanya kusem nih pak. Selain ngebersihin pake cairan khusus pembersih kaca, saya kadang suka bersihin pake handbody atau minyak kayu putih.

Caranya hampir sama kok. Sediain tisu atau lap kanebo yang udah dibasahin ya. Bisa tetesin langsung ke tisu atau kanebo itu atau ditetesin di kacanya langsung. Tinggal di bersihin aja pake teknik naik turun tapi nggak bolak-balik biar bekasnya nggak malah jadi kusam.

Bisa ngilangin ketombe
Kalo manfaat ini, saya tau dari tetangga saya pas lagi iseng2 ngobrol nih pak. Dia juga dikasih tau dari neneknya pas dia masih kecil. Waktu itu, dia lagi dibersihin rambutnya sama neneknya karna sering garuk2. Usut punya usut, ternyata rambutnya ini kotor dan ketombean. 

Nah, neneknya ini sebelum ngeberishin rambutnya ke dapur buat ambil minyak kelapa sama minyak kayu putih. Nenek tetangga saya ini nyampurin minyak kelapa sama minyak kayu putih di mangkok kecil. Abis itu dipijet sambil di usep-usep itu campuran ke kulit kepala. Katanya bisa ngilangin kerak ketombe di rambut. Wah!

Sebenernya, masih banyak manfaat lain yang bisa didapet dari minyak kayu putih ini. Saya sendiri masih penasaran manfaat bikin gitar awet sama ngilangin ketombe di rambut nih pak. Kalo manfaat lain minyak kayu putih yang bapak tau apa nih?

 

Ditulis oleh:
Nasuha
07 Oct 2022
Dilihat :
58

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait