Memutus Rantai Generasi Sandwich dengan Persiapan Jadi Orang Tua yang Lebih Matang

Bacaan 2 menit

Pasti udah sering denger soal sandwich generation di media social. Sandwich generation ini adalah keadaan dimana seseorang harus membiayai orang tuanya sekaligus anak atau adik-adiknya. Buat sebagian orang mungkin hal ini dianggap sebagai bakti terhadap orang tua atau bentuk kasih sayang terhadap saudara-saudaranya, tapi gak nutup kemungkinan kalo terus-terusan diposisi ini bisa bikin capek secara fisik dan juga mental.

Udah baca ini belom pak: Alasan Kenapa Anak yang Ceria Berubah Menjadi Pendiam

Untuk itu sebagai orang tua, kita perlu tanemin ke diri sendiri kalo anak kita bukanlah investasi pensiun yang bisa menghidupi di hari tua. Lebih baik orang tua belajar buat ngelola keuangan yang baik dan bijak biar ada dana pensiun di hari tua nanti. Mengurangi gaya hidup konsumtif juga penting banget dilakuin, coba deh buat punya mindset, “gak apa-apa gak bisa beli yang dipengen sekarang, yang penting dana pensiun cukup.” Pasti ada waktunya kok buat beli barang yang dipengen nanti.

Baca sebelum lupa: Tanda-Tanda Kalau Bapak Sebenernya Belum Perlu Banget Punya Mobil

Perlu diinget juga sebelum berencana punya anak, orang tua harus tau berapa dana yang harus disiapkan. Dana tersebut diantaranya ada dana buat membesarkan anak, terdiri dari biaya hidup anak nanti dan kesehatannya. Lalu ada dana pendidikan yang meliputi uang sekolah, bimbel, dan kebutuhan akademisnya yang lain. Ada juga dana pengembangan diri seperti uang saku, uang sosialisasi, lomba, dan lainnya. Udah pasti jumlahnya gak sedikit dan butuh tabungan yang cukup. Walopun tabungan anak harus dipenuhi tapi tetep gak lupa juga buat bikin tabungan terpisah buat pensiun nanti, ya.

Tips: 5 Hal yang Paling Dibutuhkan Anak Laki-Laki dari Seorang Bapak

Hal penting lainnya adalah orang tua dan anak perlu berkomunikasi satu sama lain soal situasi keuangan yang lagi dihadapi. Jangan sampai anak terbebani karena orang tua, begitu juga orang tua. Jangan juga jadiin anak sebagai pencapaian yang harus bisa ini itu ya, apalagi kalo harus ngebalikin semua dana pendidikannya dan lain-lain yang udah dipake buat anak.

Ngelakuin hal-hal tadi emang gak gampang pan ya, tapi kalo gak dimulai dari diri sendiri pasti sandwich generation bakal terus terpelihara. Nanti kalo mentalnya udah kena biasanya bakal lebih susah lagi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
78

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait