Menu Olahan Daging Kurban yang Gak Bikin Tensi Naik

Bacaan 3 menit

Pasti di rumah bentar lagi bakal banyak stok daging kurban yang numpuk, sampe bingung mau dibikin menu apalagi itu daging. Mana bapak punya darah tinggi, jadi gak bisa makan daging merah banyak-banyak. Tapi ada menu yang olahannya gak bikin tensi bapak naik, coba liat beberapa menunya nih, pak.

Tahu Daging Kukus

menu-daging-kurban-tahu-daging-kukus

Menu ini bisa dipake buat temen makan berat atau bisa juga sebagai cemilan sehat. Bahan utamanya cuman tahu putih sama daging giling doang. Rempah-rempah tambahannya ada bawang putih, bawang merah, kemiri, lada bubuk, dan daun bawang. Nah, cara buatnya juga gampang bener, tinggal ngalusin tahu tapi bukan dielus-elus ya pak, terus halusin juga bumbu rempah-rempah yang tadi udah disiapin. Abis gitu tinggal dicampur semuanya terus tambahin 1 butir telur dan aduk rata. Tambahin juga penyedap, garem, daging giling, sama daun bawang, abis itu udah dah tinggal dibungkus pake daun pisang, terus kukus selama 20 menit. Kalo bapak demen pepes tahu, pasti bapak bakal demen soalnya bentuknya kagak jauh beda, cuma ditambah daging giling aja. Aman ini gak nyampe tensi bapak naik.

Udah baca ini belom pak: 5 Makanan Sehat di Bawah 10 Ribu yang Mudah Bapak Temui Sehari-Hari

Rolade Daging Sapi Isi Wortel

menu-daging-kurban-rolade

Pilihan menu lain yang bisa bapak dan keluarga coba buat ngolah daging sapi kurban adalah dengan bikin rolade daging sapi isi wortel. Menu ini bisa dibikin sekali banyak dan bisa disimpen dalem kulkas juga buat menu siap santap nanti. Tenang aja pak, daging sapi buat bahan rolade ini bakal dikukus setengah mateng, terus dipanggang dalem oven bentaran doang. Atau kalo kagak ada alat oven bisa dikukus sampe mateng, kagak perlu dipanggang. Cara bikinnya juga sama kayak rolade pada umumnya, daging sapi giling sama roti dan bawang bombai di blender buat dialusin, abis itu campur dah pake telor, wortel, merica, pala, thyme, sama kaldu blok instan. Aduk rata sampe gak ada yang belang. Terus tinggal masupin adonan daging tadi ke dalem aluminium foil yang udah dioles minyak, tinggal lilit-lilit dah sampe padet. Kalo udah beres tinggal dikukus setengah mateng, bisa buat dimakan entaran, bisa juga langsung dipanggang di oven. Temen makannya biasanya pake saus rolade juga, pake nasi anget, plus kerupuk jangan lupa ketinggalan. Mantep bener pak, sehat dan ngenyangin juga.

Sop Iga

menu-daging-kurban-sop-iga

Kalo menu yang ini udah pasti bikin seger sebadan-badan. Apalagi kalo sop iganya dibikin bening terus agak pedes dikit biar nambah ngiler pas dimakan. Cara ngolahnya juga gampang bener ini, tinggal presto iga bareng kayu manis, pala, sama cengkeh biar empuk pas digigit, terus saring kaldu atau air rebusan iga tersebut buat disisihin. Step selanjutnya tinggal bikin bumbu-bumbuannya nih, tumis bumbu halus sampe harum, masupin daun bawang, tumis lagi sampe loyo, terus masupin kaldu sama kaldu daging yang disisihin tadi, rebus sampe blubub-blubub. Buat rasanya tinggal koreksi sendiri kurang apa, beda orang beda selera biasanya pan. Baru dah siap disantep. Kebayang banget anget-anget di badan, ringan pas di makan, dan gak bikin tensi darah naik udah pasti ini mah.

Baca mumpung lewat: Makanan-Makanan yang Perlu Dihindari Kalau Punya Penyakit Asam Urat

tips-mengolah-daging-kurban-buat-penderita-hipertensi

Selain bapak kudu merhatiin olahan daging yang mau dibikin, ada beberapa tips juga pak biar daging kurban yang mau bapak masak kagak bikin tensi bapak ngelunjak.

Hindarin bagian yang banyak mengandung lemak

Pas mau ngolah daging kurban, coba pilah-pilah lagi bagian yang mau dipake. Kalo buat yang punya darah tinggi, lebih baik ngehindarin bagian yang mengandung lemak. Dari American Heart Assocoation aja nyaranin buat ngebatesin konsumsi lemak jenuh buat yang punya penyakit tekanan darah tinggi, soalnya lemak jenuh yang ada di dalem daging sapi atau domba tuh tinggi banget. Jadi ada baiknya buat ilangin bagian lemak yang ada di daging kurban sebelum diolah jadi menu-menu tadi.

Panggang, kukus, atau rebus daging yang mau diolah

Kalo bapak liat, menu-menu di atas tadi kebanyakan dipanggang, kukus, atau rebus. Nah, ini jadi salah satu cara biar penderita hipertensi kayak bapak ngehindarin atau ngurangin konsumsi daging yang diolah pake bahan berlemak kayak minyak sama santen. Pas manggang daging juga kalo bisa gak usah mateng-mateng banget pak, Kalo kata Gang Liu, peneliti dari Harvard University, daging panggang yang kematengan malah bikin risiko tensi bapak naik sebanyak 15 persen. Duh, ngeri juga yah.

Gak perlu nambahin bumbu yang kandungan garamnya tinggi

Salah satu yang bikin tensi bapak naik dan bikin tekanan darah makin gede juga karena konsumsi daging yang diolah pake banyak garem atau saus siap pakai, pak. Ini garam sama saus punya banyak kandungan natrium yang bisa bikin tensi bapak naik. Jadi mending batesin sedikit demi sedikit kalo emang susah buat lepas. Ganti aja pake rempah-rempah atau perasan jeruk lemon buat bumbuin dagingnya.

Tapi tetep ya pak, mau olahannya udah diperhatiin dan menunya dibikin lebih sehat, kalo bapak makannya berlebihan tetep aja jadi sumber penyakit. Kudu perhatiin juga konsumsi daging yang bapak makan biar tensi kagak naik dadakan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 3 menit
Dilihat :
50

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait