Pilihan Video Game yang Seru dimainin Bareng Anak

Bacaan 3 menit

Jaman sekarang udah canggih banget nih warga, udah serba digital. Termasuk juga buat urusan game atau permainan. Kalo jaman saya bocah sih emang sering banget main di luar bareng bocah kampung lain. Permainan yang paling mainstream ya main bola sambil nyeker, petak umpet, lari2an, ama pura2 main smackdown (nyang ini bahaya banget nih). Jaman now, teknologi udah maju banget, video game sekarang makin canggih2 dan seru. Ditambah pula lahan buat bocah main di luar udah makin berkurang. Jadi, ya mau gak mau, kita harus bersahabat sama zaman.

Sesekali main video game bareng ama bocah bisa seru banget lho warga! Nah, di artikel ini, saya mau bagi beberapa video game yang biasanya saya mainin bareng anak saya nih. Cuma video game yang bakal saya sebutin adalah game yang biasa di mainin di komputer/laptop atau console (PS, XBox, dll.). Saya kurang demen main game di hape, apalagi kalo sama bocah. Menurut pandangan saya pribadi nih; kalo sering main game di hape tuh jadi sering colongan. Kan gampang banget tuh, hape kita bawa ke mana2, ada senggang dikit, buka hape, main game, keterusan ampe subuh. Nah, kalo di PC atau console kan enggak begitu. Warga harus ada effort dulu, nyalain power, login, segala macem baru bisa main game. Selain itu, ya kali PC ama console mau dibawa kemana2, hehehe. Udah ah, biar gak kepanjangan, berikut list game-nya. Cekidot!

Lego Series

Game Lego yang ini seru banget nih. Pilihannya banyak banget; ada yang bikinan Lego sendiri (Ninjago, City, Lego Movie, dll.) dan ada yang adaptasi dari film lain. Adaptasinya gak nanggung-nanggung nih warga, ada Marvel, DC, Star Wars, dll. Mantep gak tuh? Warga bisa berasa jadi superhero yang ngelindungin anaknya dan yang pasti, anak2 pada suka karakternya. Game-nya juga gampang2 susah. Kalo lawan musuh2 kecil ampe bosnya sih gak terlalu susah ya, tapi ada beberapa puzzle yang kadang emang butuh waktu untuk diselesaikan. Nah, di momen inilah warga bisa kerja sama sama anak dan bareng2 beresin puzzle-nya. Kalo udah berhasil beresin puzzle-nya tuh rasanya langsung jumawa, berasa paling pinter satu komplek. Tambahan terkahir, cerita adaptasi di game Lego ini sesuai aslinya. Jadi, kalo ada adegan kekerasan di film aslinya, di game-nya bakal dirubah tuh adegannya malah jadi kocak. Saya malah suka ketawa2 sendiri kalo liat sampe anak saya jadi bingung.

Overcooked

Kalo warga dulu inget game legend judulnya Diner Dash, game ini rada2 mirip. Kalo Diner Dash kan pelayan restoran yak, kalo Overcooked, kita bakal jadi koki dan dituntut buat masak dengan cepat dan sesuai pesanan. Game ini menuntut ketelitian banget, karena kita harus pakai bahan masakan yang sesuai, pakai alat yang sesuai, dan dengan waktu yang tepat. Kalo masaknya kelamaan bisa jadi gosong, terus malah kebakaran dan apinya harus disemprot. Kalo udah gitu, saya bukannya malah masak, malah jadi pengendali api. Jadi, di game ini, warga bisa bagi2 tugas sama anak, misalnya anak masak dan motong2, warga bisa yang goreng atau rebus. Pokonya makin tinggi levelnya, kita makin kelabakan dan harus makin teliti.

Alba: A Wildlife Adventure

Game yang satu ini, gak bisa dimainin berdua. Lah, gak seru dong! Ettss, tunggu dulu, izinkan saya menjelaskannya. Jadi, game Alba ini memang single player atau kata lainnya cuma bisa dimainkan satu orang. Tapi, karena game ini ceritanya cukup mengalir dan areanya lumayan luas, warga bisa dampingin anak2 buat ceritain makna dari setiap kejadian di game ini. Game ini, pesan moralnya tinggi lho, karena menceritakan seorang anak bernama Alba yang liburan ke sebuah pulau di mana kakek dan neneknya tinggal. Di pulau itu, Alba akan menemukan beberapa kejadian yang membuat Alba memahami pentingnya menjaga lingkungan hidup dan hidup berdampingan dengan alam. Alba juga akan punya misi untuk memotret hewan yang ada di pulau. Kalo udah difoto, nanti ada informasi detail tentang hewannya, bisa ada suara hewannya juga lho warga, keren pokoknya!

Nah, sementara saya kasi 3 game dulu ya. Sebenernya masih ada beberapa game lagi nih. Kalo ada kesempatan lain, saya bakalan share ke warga. Sebagai penutup, saya mau kasi pendapat pribadi nih warga; main game bareng bocah memang menyenangkan, apalagi kalo warga emang dasarnya suka main game. Tapi, main di luar bareng bocah juga gak kalah menyenangkan kok, sekedar kita main  lari2an, ujan2an (wajib banget langsung mandi kalo udah beres), atau sepedaan bareng. Yang penting jangan main smackdown aja, hehehehe.

Ditulis oleh:
Erich Chresnanda
Bacaan 3 menit
Dilihat :
305

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait