Prioritas Tabungan yang Harus Disiapkan Berdasarkan Usia

Bacaan 2 menit

Beda-beda usia tentu prioritas kebutuhannya gak akan sama. Orang yang usianya 20 tahun tentu tujuan tabungan yang disiapkannya berbeda dengan orang yang sudah berusia 40 tahun. Makanya ada prioritas yang perlu difokusin buat nyiapin tabungan berdasarkan usia masing-masing orang.

Usia 20 tahun

prioritas-tabungan-usia-20

Di usia 20 tahun ini biasanya sering lupa diri, bahkan bener-bener gak punya wawasan soal ngelola keuangan. Padahal ada tiga prioritas yang harus jadi fokus utama kalo mau nabung. Pertama ada dana darurat yang perhitungannya dana ini bisa nutup kebutuhan hidup selama 3 bulan, jaga-jaga kalo nanti kena PHK atau keluar dari kerjaan yang sekarang tapi belom punya penghasilan lagi. Kedua keputusan finansial, ini meliputi pembelian asset rumah dan keputusan buat berkeluarga. Sebenernya buat hunian gak selalu harus beli, kamu punya opsi sewa biar bisa nyesuain dengan keadaan finansial yang dipunya. Ketiga peningkatan income, ini perlu diasah dengan peningkatan skill dan menambah berbagai pengalaman supaya punya portofolio yang lebih bagus lagi. Kalo skill dan portofolionya meningkat kamu bisa cari income di bidang-bidang lain. Tapi hati-hati juga, di usia segini biasanya terhalang kebutuhan lifestyle dan keinginan beli kendaraan yang diimpikan, jadi bikin tujuan nabungnya terombang-ambing kagak jelas dan gak nyampe-nyampe.

Usia 30 tahun

prioritas-tabungan-usia-30-lahiran

Di jenjang usia selanjutnya yaitu memasuki usia 30 tahun, udah mulai lebih kenceng lagi buat nabungnya karena prioritasnya juga makin berat dari mulai persiapan dana buat lahiran anak, persiapan dana pendidikan anak dari pendidikan playgroup sampe kuliah, belum lagi ditambah inflasi pendidikan yang bisa aja naik sewaktu-waktu. Harus punya goal juga kayak tabungan dana darurat 2-3 tahun bisa cukup buat biaya pokok bulanan, nabungnya juga harus punya saving rate mininal 20% dari penghasilan di luar dana pendidikan dan cicilan rumah.

Ngerasain hal yang sama juga gak: Wajar Gak Sih, di Usia Saya yang 30 Tahun Ini Justru Makin Merasa Kesepian?

Usia 40 tahun

prioritas-tabungan-usia-40-kuliah-anak

Di usia ini biasanya anak udah mulai kuliah, tabungan prioritasnya jadi ke pendidikan anak pas kuliah, dana pensiun cukup buat 5 tahun biaya hidup, saving rate ngambil lebih 20% dari penghasilan, dan ditahap ini diharapkan cicilan rumah udah hampir selesai.

Usia 50 tahun

prioritas-tabungan-usia-50-tahun-orang-tua

Pas masuk usia 50 tahun prioritas nabungnya berubah lagi, dimana tabungan yang dipunya harus bisa menuhin kebutuhan hidup selama 15 tahun. Nah, ini saving rate-nya bisa dinaikin lagi dengan lebih 50% dari penghasilan. Biasanya di usia ini pendidikan anak dan KPR udah selesai. Salah satu yang cukup penting juga buat dimasupin adalah prioritas nabung buat proteksi kesehatan. Soalnya di usia ini ada aja penyakitnya yang dateng.

Kali aja butuh: Ide Usaha yang Cocok Buat Nanti Bapak Pensiun

Prioritas ini termasuk penting ditentuin biar jelas arah tabungannya dan bisa tercapai juga target yang mau dituju.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
73

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait