Rekomendasi Buku Parenting Yang Bagus Dibaca Bareng Istri

03 Jun 2022

Bapak pasti bingung dan nggak bakal bisa langsung paham cara ngasuh, ngedidik plus berkomunikasi ama anak kalo nggak pake belajar atau dengerin saran-saran dari yang udah berpengalaman. Nah untuk itu, bapak ama istri bisa belajar lewat buku buat nyelem lebih dalem lagi soal dunia parenting. Saya punya beberapa rekomendasi buku parenting yang bagus nih buat dijadiin referensi. 


1. Every Child is Special

Lewat bukunya Mega Sinta Wulandari ini saya jadi paham tiap anak itu spesial dengan karakteristiknya masing-masing, pak. Kalo mereka gak mau dengerin omongan kita, bukan berarti mereka keras kepala. Buku ini ngajarin tentang metode modifikasi perilaku, yaitu metode buat ngadepin tingkah laku anak yang susah diatur tanpa perlu marah-marah. Misalnya teknik positive reinforcement dan punishment. Lewat teknik ini saya nerapin pemberian hadiah ama hukuman. Kalo dia nurut, tugasnya dikerjain dengan baik, saya kasih hadiah misal makanan, mainan atau apa kek gitu. Tapi kalo dia ngelanggar apa yang saya bilang, saya kasih hukuman. Hukumannya yang enteng-enteng aja ya pak, kek ngurangin jatah nonton TV dalam sehari. Diterapin sesekali aja gak perlu keseringan. Ntar lama-lama dia jadi kebiasa ngelakuin yang bener. Pokoknya mah nih buku cocok bener buat nemenin tumbuh kembang anak pak, apalagi udah dilengkapin ama teori, contoh kasus, plus tips-tips yang isinya udah pasti daging semua. 

 

2. Happy Little Soul

Kalo bapak aktif main Instagram, pasti nggak asing sama user Retno Hening. Dia sempet viral waktu itu gegara sering share video anak pertamanya, Kirana, yang pinter banget. Nah, lewat buku ini, Bu Retno ngebagiin pengalaman parenting-nya. Dia ngasih tau gimana cara-cara ngasuh anak dengan penuh kasih sayang. Misalnya, sering ngungkapin rasa cinta ke anak, terus memeluk anak sambil bilang “I love you”, kasih apresiasi sekecil apa pun atas apa yang anak lakuin, dan gak lupa juga ngajarin self-love sejak dini. Kek yang bisa dilihat, sekarang Kirana tumbuh jadi anak yang ramah sama siapa aja, punya empati tinggi dan penyayang, Pak.

 

3. Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea

Sebelomnya, Kimbab Family emang udah populer banget di channel YouTube berkat video vlog konten parenting mereka yang seru. Buku ini kurang lebih sama, tentang cara inspiratif Appa Jay dan Mama Gina ngebesarin anak-anak mereka, Suji, Yunji, dan Jio, di tengah perbedaan budaya Indonesia dan Korea. Yang bikin menarik, mereka selalu ngelibatin anak dalam ngambil keputusan dan ngajak anak-anak buat diskusi. Metode ngajar mereka juga tegas, tapi nggak pake marah-marah. Alhasil, anak jadi lebih percaya diri, merasa dihargai, dan lebih bertanggung jawab. Manteup bener buat diaplikasiin Pak!

4. Calmer, Easier, Happier Parenting

Buku parenting yang wajib dibaca selanjutnya Calmer Easier Happier Parenting karya Noel Janis Norton. Buku impor best seller ini bisa ngebantu bapak ama istri ngasuh anak-anak dengan bener, tenang, dan tetep happy. Ada banyak strategi jitu yang dijabarin di buku ini supaya anak mau ngedengerin dan ngelakuin hal yang bapak minta tanpa bapak perlu mencak-mencak dulu. Salah satunya kudu ngebuat suasana hati anak jadi bagus dengan tidur cukup. Kalo anak tidur cukup, otomatis mood dia pas bangun jadi oke. Kalo mood dia bagus, dia jadi lebih tenang dan gak tantrum. Dia jadi lebih bisa ngedengerin dan nurutin apa yang bapak bilang. Saya pake jurus ini pak ke anak, eh terus berhasil. Pokoknya, strategi-strategi di buku ini bakalan bikin anak lebih gampang diajak kerja sama deh.


5. Parenting Santuy (Mengurus Anak Tanpa Ribet)

Buku parenting karya Denaye Barahona ini persis kayak judulnya, yaitu ngajak Bapak ama Istri jadi orang tua yang santuy. Santuy di sini dalam artian bisa ngebahagiain anak dengan cara simpel. Nggak jauh beda kek konsep minimalis. Misalnya, bapak nggak perlu sampe beliin anak mainan banyak2 banget, dikit aja gak apa-apa yang penting berkualitas dan dia seneng sama mainan itu. Bakal lebih gampang juga buat anak belajar tanggung jawab dengan ngurus 10 mainan ketimbang 100, iya gak? Pokoknya quality over quantity deh, Pak. 


Saya bersyukur bener, sekarang banyak sumber ilmu yang bisa ngasih gambaran gimana dunia parenting itu. Jaman orang tua kita dulu mana ada buku-buku kek gini hehehe. Semoga rekomendasinya bisa bermanfaat ya. Lumayan buat nambah-nambah ilmu dan insight baru. Semangat belajar jadi orang tuanya, Pak!

Ditulis oleh:
Poppy
03 Jun 2022
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait