Sefruit tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bapak

NM
Bacaan 3 menit

Kesehatan itu sangat penting. Kalo bapak sehat, ngapa-ngapain juga enak. Dimulai dari pintu masuknya aja, dari mulut. Mulut bukan cuma tempat masuknya makanan dan minuman, tapi lebih dari itu loh. Pengaruhnya besar banget buat kesehatan bapak, makanya kesehatan gigi dan mulut itu perannya penting buat menunjang kesehatan.

 

Lalu, gimana sih biar gigi dan mulut bapak bisa sehat? Apa aja yang perlu dilakukan atau dihindari? Nah begini solusinya:

Menyikat gigi minimal 2-3 kali sehari

Bapak bingung kan kalo pagi-pagi, sikat giginya itu pas bangun tidur atau setelah sarapan? Nah sebenarnya kalo dipikir yang lebih efektif itu setelah sarapan pagi, supaya mulut bapak bisa fresh buat aktivitas seharian, gak ada lagi tuh makanan yang nyangkut dimulut pas bapak lagi kerja. 

Lalu yang kedua itu tiap abis makan. Ceritanya siang-siang bapak makan nasi padang, terus ada daun singkong sama suwiran ayam yang nyakut di gigi bapak. Nah langsung sikat gigi aja, selain jaga kebersihan juga buat bapak lebih pede lagi buat ngobrol karena mulut bapak udah wangi.

Terakhir sikat gigi malam sebelum tidur. Setelah bapak mengonsumsi banyak makanan dan minuman selama seharian, perlu menyikat gigi biar tidur bapak yang lebih nyenyak. Sikat gigi sebelum tidur itu penting, karena mulut lebih dikit menghasilkan air liur saat bapak tidur. Kalo air liurnya dikit menyebabkan mulut jadi asam, bakteri yang ada di mulut bapak bisa lebih cepat berkembang dan bisa menyebabkan gigi bapak berlubang.

Mengganti bulu sikat gigi minimal 3 bulan sekali

Menurut lembaga kedokteran gigi Amerika (American Dental Association), bapak perlu mengganti sikat gigi kurang lebih tiap tiga bulan. Kenapa? Biasanya kalo udah tiga bulan bulu sikatnya udah usang, jadi perlu diganti sama yang baru. Tapi kalo sebelum tiga bulan udah rusak gimana? Ya langsung diganti aja pak, jangan tunggu sampe bulunya rontok.

Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Fluoride itu fungsinya buat merawat serta mecegah kerusakan pada gigi bapak. Tapi tenang pak, biasanya produk pasta gigi rata-rata udah mengandung fluoride di dalamnya, jadi bapak gak perlu pusing cari-cari pasta gigi yang mengandung fluoride lagi. Udah banyak produk pasta gigi yang beredar di pasaran, tinggal bapak pilih aja sesuai selera supaya makin rajin buat sikat gigi.

Memilih bulu sikat yang lembut

Nah kalo ini biasanya di pasaran ada berbagai macam tingkat kekerasan bulut sikat, misalnya soft, medium, dan hard. Tapi sikat gigi yang disarankan itu yang memiliki bulu sikat yang lembut dan halus (soft), apalagi buat bapak yang gusinya sering berdarah kalo sikat gigi. Sikat gigi yang keras dan tekanan gesekan yang kuat malah bisa buat lapisan gigi bapak rusak dan bisa buat iritasi pada gusi.

Kurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dan lengket

Sisa makanan dalam mulut kalo gak dibersihin bakalan jadi plak. Biasanya kalo makanan-makanan manis susah dibersihin karena lengket. Kalo plak dalam mulut ketemu sama gula, itu bisa nyebabkan bakteri dalam mulut ngubah karbohidrat jadi asam. Asam yang tinggi bisa nyerang lapisan gigi. Semakin sering konsumsi makanan manis, semakin besar kemungkinan buat gigi bapak berlubang.

Periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Kalo ke dokter gigi jangan tunggu giginya sakit, pak. Biasanya ada nih lubang di gigi bapak, tapi belum sakit. Itu tuh udah tanda-tanda kedepannya nanti bakalan sakit. Lubangnya itu nanti bakalan membesar, bahkan bisa menginfeksi sampe ke akar gigi. Lama-kelamaan bisa nyebabkan bengkak di gusi, bahkan kalo udah infeksi bisa nyebar kemana-mana (hiii seremm). Konsultasi ke dokter gigi tiap 6 bulan itu juga bisa mengatasi plak yang masih nempel di gigi supaya nanti gak bakalan timbul karang gigi, jadinya mulut bapak tetap segar.

 

Kalo udah biasa dilakuin semuanya enteng kok pak, jadiin rutinitas tiap hari. Kalo sekiranya 3 kali sikat gigi kebanyakan, bapak cukup sikat giginya pas setelah sarapan pagi sama malam sebelum tidur. Kalo gosok gigi jangan terlalu kuat, nanti bisa buat gigi bapak rusak dan gusi bapak bisa berdarah. Jangan lupa ganti sikat giginya kalo udah gak layak pakai. Terkahir jangan lupa kontrol tiap 6 bulan sekali.

Gigi itu cuma satu, sayang banget kalo udah lepas gak ada penggantinya (kecuali pengen pake gigi palsu). Jangan lupa sikat gigi ya, Pak!

Ditulis oleh:
NM
Bacaan 3 menit
Dilihat :
256

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait