Skill-Skill yang Jarang Dikasih Tau Orang Padahal Penting Banget Buat Adik Kuasai

Bacaan 2 menit

Di usia adik yang sekarang mungkin lagi bingung-bingungnya buat asah skill apaan aja. Tapi kalo saya boleh kasih saran, beberapa skill ini hukumnya wajib buat dikuasi biar bisa ngimbangin jaman yang cepet banget berubah.

Digital Literacy

Digital literacy ini bukan cuma sekedar adik mampu dan bisa baca informasi di media digital dik, tapi adik juga harus mampu mencari, mengidentifikasi, mengevalusi, sampe menggunakan informasi yang adik dapatkan. Banyak banget interviewer yang seneng kalau dapet orang modelan seperti ini. Soalnya tipe orang yang kayak gini cepet banget buat adaptasi sama perubahan yang ada di sekitar dia. Ini juga bisa jadi indikasi kalo karakter adik mudah untuk dilatih dan dibentuk.

Time management

Time management ini salah satu skill yang penting bener dik. Gak cuma buat di dunia pekerjaan aja, tapi kehidupan personal adik juga. Kalo adik menguasai skill ini, hidup adik akan jauh lebih balance dan adik bisa mengerjakan sesuatu dengan skala prioritas dan lebih efisein.

Problem Solving

Kalo adik ngerasa hidup adik banyak bener masalahnya, skill problem solving ini udah pasti bisa bantu adik banget. Soalnya skill satu ini bisa bikin adik lebih bijak dan tepat dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang adik alami. Selain itu problem solving ini juga bisa ngajarin adik ke banyak hal, salah satunya dunia itu gak berjalan sesuai dengan keinginan adik sendiri.

Collaboration

Kenapa sih skill ini penting banget adik kuasai? Pan adik udah tau kalo manusia itu adalah makhluk sosial, kita nih bergantung banget sama orang lain. Nah, skill ini jadi ciri khas dari era digital yang lagi kita rasain sekarang. Adik bakal kesulitan berkembang kalo adik mengandalkan diri adik sendiri doang, adik butuh orang lain buat terus dapet insight baru dari luar biar adik gak diem di tempat yang itu-itu aja. Ada pepatah yang bilang, kalo mau perginya cepet, pergi sendiri. Tapi kalo mau perginya jauh, perginya rame-rame.

Menulis

Skill menulis ini menghubungkan langsung dengan dua skill penting lainnya, yaitu berpikir dan berbicara. Dengan menulis, adik akan terbiasa berpikir dan tanpa disadari adik akan lebih mudah untuk berbicara. Soalnya adik jadi tau apa yang adik ingin sampaikan, apalagi kalo adik mau jadi seleb di internet, ini skill yang wajib dimiliki. Orang-orang yang bisa meyakinkan, mengedukasi, dan menginspirasi kebanyakan jago menulis, dik.

Kemampuan-kemampuan tadi juga bisa jadi pondasi adik buat bertahan hidup di jaman serba cepet kayak sekarang. Kalo adik bisa menguasai semuanya, adik udah gak perlu lagi takut sama perubahan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
532

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait