Tanda-Tanda Kalau Bapak Kebanyakan Konsumsi Gula (Selain Gula Darah Naik)

Bacaan 2 menit

Gula memang salah satu sumber energi yang penting bagi tubuh. Tapi kalau bapak kebanyakan konsumsi gula, selain banyaknya dampak negatif yang akan datang, ada beberapa tanda-tanda juga yang mungkin bisa terlihat pada bapak. Beberapa tanda-tanda kalau bapak kebanyakan konsumsi gula adalah sebagai berikut,

Penuaan Dini

Kalau ngonsumsi gula berlebihan, bapak bakal lebih cepet keliatan tua. Wajah bapak jadi banyak kerutan, kadang sampe jerawatan juga. Kebiasaan konsumsi gula tinggi bisa bikin protein di kulit bapak kaya kolagen dan elastin jadi rusak. Muka bapak jadi keriput, doyot, ngandoy, dan kendor.

Lemas Gak Ada Tenaga

Kalo bapak abis ngonsumsi gula dalam jumlah besar, pasti bapak bakal jadi seger, tapi bentaran doang. Sugar Rush merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan lonjakan energi yang ngebuat bapak seger setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi. Jadi pas mengonsumsi gula dalam jumlah besar, gula tersebut cepat diserap ke dalam aliran darah, menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah secara tiba-tiba. Peningkatan glukosa darah ini dapat menyebabkan lonjakan energi dan membuat bapak merasa lebih bersemangat atau hiperaktif untuk sementara waktu. Abis itu, bapak malah ngerasa lemes, capek, dan ogah2an kerja. Soalnya, kadar gula di tubuh bapak kaga seimbang. Habis tinggi banget turun jadi rendah banget, terlalu ekstrim.

Susah Tidur

Asupan gula dalam jumlah tinggi saat malam hari, mengakibatkan lonjakan energi. Padahal badan bapak harusnya melambat buat istirahat. Selain itu, konsumsi gula tinggi juga ngaruh ke penurunan produksi hormon melatonin. Akibatnya, badan bapak kurang rileks dan susah tidur nyenyak. 

Ngambekan dan Moody-an

Menurut penelitian, kebanyakan konsumsi gula juga bisa bikin bapak jadi gampang tersinggung, murung, gelisah, sampai bisa kena gejala depresi ringan. Peningkatan dan penurunan kadar gula yang ekstrim juga berhubungan dengan kadar gula dalam otak. Pas kadar gula bapak turun, bapak jadi mudah murung. Kebanyakan konsumsi gula juga dapat mempengaruhi neurotransmiter dalam otak yang dapat memengaruhi suasana hati dan konsentrasi seseorang. Kirain bapak kena mental, gak taunya karena kebanyakan gula doangan yah. Mantep emang.

Gangguan Pencernaan

Kebanyakan konsumsi gula bisa bikin bapak kena iritasi usus. Apalagi kalau tidak diimbangi dengan makan serat dan buah yang cukup, kemungkinan bapak juga bisa konstipasi alias SEMBELIT. Gula juga berpengaruh sama keseimbangan bakteri yang idup di perut bapak, kebanyakan gula bisa bikin perut begah dan kembung kebanyakan gas.

Darah Tinggi

Kebanyakan makan manis juga berpengaruh ke tekanan darah bapak. Gula yang diedarkan lewat darah dapat menyebabkan kerusakan lapisan dinding pembuluh darah. Akibatnya kolesterol dan lemak lebih gampang nempel. Kalau sudah sampai mengeras pembuluh darahnya, bisa bikin bapak kena hipertensi.

Walaupun gula memang sangat bermanfaat untuk badan kita, tapi kalau bapak kebanyakan konsumsi gula banyak masalah kesehatan yang menunggu bapak. Memang segala yang berlebihan itu biasanya tidak sehat, pak. Kalau bapak sudah mengalami tanda-tanda di atas baiknya langsung dicek dan didiskusikan sama yang lebih profesional.

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
200

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait