Tata Cara Bertamu ke Rumah Tetangga atau Temen Bapak Sampe Dibukain Pintu

20 Sep 2022

Kadang, ada aja momen yang bikin Bapak mesti bertamu ke rumah orang. Apa buat ngajakin temen Bapak sunmori, silaturrahim pas lebaran, atau nganterin masakan istri ke tetangga sebelah.

Kalau dulu, jaman masih sama-sama bujang, kadang Bapak langsung aja nyelonong masuk kosan temen Bapak. Tapi sekarang, tidak bisa begitu lagi, Pak. Ada tata cara dan aturan yang kudu Bapak perhatiin.

Biar apa? Ya, biar dunia aman sentosa selamat sejahtera. Ini saya share beberapa aja. Kalo bapak mau tambahin lagi juga boleh dong.

 

1. Pastiin temen bapak tahu kalau bapak mau datang. Sebagai orang dewasa yang tahu sopan santun dan melek teknologi, Bapak kudu ngasih tahu kalo mau dateng ke rumah temen.

Usahain ngasih tahunya jangan dadakan, Pak. Tapi ya, gak perlu setahun sebelumnya juga. Cari waktu yang kira-kira aman dan wajar aja.

Ke rumah tetangga juga sama, Pak. Kalau Bapak atau istri punya nomer kontaknya, mending bilang dulu. Takutnya, tetangga Bapak lagi gak di rumah atau emang mau pergi. Kan ntar jadi awkward, Pak.

 

2. Pastiin temen bapak ngizinin atau siap didatengin sama bapak. Setelah Bapak ngasih tahu rencana main, pastiin juga kalau Bapak udah dapet izin. Bukan napa pak, kalau orangnya kaga ada di rumah pan Bapak juga yang bingung ntar.

 

3. Jangan ngadep pintu atau jendela waktu ngetok atau nunggu pintu dibuka. Atau Bapak bisa tunggu di luar trus telpon atau chat temen Bapak biar dibukain pintu.

Sebenernya, kalau mau ngetok pintu juga gak napa sih. Cuma jangan ngadep pintu atau jendela, ya Pak. Takutnya, takutnya nih, ada aib yang punya rumah gak sengaja ketauan sama Bapak. Kan gak enak jadinya.

 

4. Jangan ngintip! Kalo dibukanya lama, tunggu aja sambil liat jalanan. Kalo ngadep pintu atau jendela aja jangan, apalagi ngintip Pak. Kagak perlu.

Sambil nunggu dibukain, Bapak bisa liat pagar, jalanan, taman kecil, ngobrol ama kang bakso yang barusan liwat. Atau apa lah terserah Bapak. Pokoknya jangan ngintip.

Kalo depan rumahnya ada barang-barang lucu juga jangan gratilan yak, Pak. Ingat! Bapak kudu menjaga citra diri sebagai laki-laki dewasa yang kharismatik!

 

5. Pulang kalo udah 3x salam atau rasanya udah agak lama. Mungkin aja emang temen Bapak gak ada di rumah. Atau emang lagi gak siap aja nerima tamu. Gapapa, Pak. Yang penting niat silaturrahimnya udah ada.

Mungkin Bapak bisa coba mampir lain kali. Pokoknya jangan coba-coba cosplay jadi kurir paket. Pokoknya jangan ya.

quote

Setiap orang punya rahasia dalam rumahnya yang gak pengen orang lain tahu. Makanya Pak, bertamu dengan baik itu penting sekali.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
20 Sep 2022
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait