Tips biar Anak Tetap Aman Main di Dalem Rumah

Bacaan 2 menit

Kalo bapak punya anak yang usianya 6-9 bulan, artinya bapak harus makin ekstra buat ngawasinnya. Soalnya anak usia segitu udah mulai belajar merangkak kesana kemari buat explore ke tempat-tempat yang bikin mereka penasaran. Nah biar bapak dan istri gak khawatir, perlu juga nih bikin rumah makin aman biar anak bebas eksplorasinya.

Bapak coba merangkak lebih dulu

Tujuannya biar bapak tau spot mana aja yang bahaya kalo anak bapak merangkak di daerah tersebut. Bapak juga bisa memindahkan atau membuang barang-barang berbahaya yang nanti akan dilewati anak bapak.

Tutup semua stop kontak yang terbuka

Namanya anak-anak pasti lebih banyak rasa penasarannya tanpa tahu bahaya atau tidak. Maka dari itu, bapak perlu menutup stop kontak supaya anak bapak tidak sengaja memasukkan jarinya ke dalam stop kontak tersebut.

Pastikan furniture di rumah nempel ke dinding

Bukan hanya saat anak bapak belajar merangkak saja, tapi pas anak bapak mulai belajar berjalan dan memanjat juga. Tujuannya biar furniture di rumah tidak menimpa anak bapak atau roboh saat anak bapak memanjatnya.

Tutup bagian ujung meja agar tumpul

Buat ngehindarin anak bapak kepentok meja atau barang-barang dalem rumah yang bersifat bisa melukai mereka, bapak perlu menutupnya dengan penutup meja agar tidak berbahaya buat anak bapak yang sedang belajar merangkak atau berjalan.

Pasang pagar pengaman

Kalo rumah bapak dua lantai, bapak bisa pasang pagar pengaman biar anak tetap aman bermain di lantai dua. Dengan adanya pagar pengaman ini, anak bapak tidak akan mudah untuk membuka langsung pagar tersebut.

Pastikan rumah bapak bersih

Anak bapak yang lagi belajar merangkak atau berjalan pasti akan lebih mudah mengambil benda asing di lantai. Apalagi kalo bapak punya binatang piaraan yang bulunya terbang kemana-mana, bahaya kalo tiba-tiba anak bapak makan sembarangan. Untuk itu pastikan rumah bapak tetap bersih.

Biar lebih jelas barang-barang apa aja yang bapak butuhin, bisa liat video berikut ini.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
121

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait