Tips Menanam Kentang di Rumah Menggunakan Pot

22 Sep 2022

Siapa bilang kalo mau nanem kentang kudu punya lahan yang luas? Sekarang kagak perlu repot lagi, pak! Kayak yang udah kita tau, kentang jadi salah satu tanaman yang punya kandungan karbo dan bisa dimasak jadi beragam makanan. Biar kagak perlu repot-repot nunggu tukang sayur lewat, mending nanem sendiri aja di rumah, pak. Caranya gampang kok. Gini, nih!

Siapin pot ukuran gede
Siapin pot buat nyemai bibit kentang di rumah. Buat kentang, ada baiknya pake pot yang ukuran gede 50cm, 55cm, atau 60cm. Ukuran pot ini bakalan ngaruh ke tumbuh kembang kentang. Banyaknya pot sih tergantung luas lahan yang ada di sekitaran rumah ya pak. Kalo punya luas yang cukup, bisa taro 3 sampe 4 pot. Jangan lupa pilih pot yang punya sistem drainase yang bagus ya.

Ukur kedaleman tanah buat kentang
Kentang yang masuk ke dalem keluarga umbi-umbian, penting banget ditanem di tanah yang lumayan dalem. Buat minimal dalemnya sendiri itu 30cm ngikutin ukuran potnya biar akar kentang bisa leluasa buat berkembang biak. Itulah kenapa perlu pot yang gede juga, pak. Jangan lupa pilih tanah punya tekstur remah, punya banyak pori, banyak senyawa organik, dan mudah dilewati aliran air. 

Pilih bibit kentang yang paling bagus
Bibit kentang yang bagus buat ditanem di pot itu biasanya mateng lebih awal, antara 70 sampe 90 hari. Pilih bibit kentang yang punya kualitas paling mantep sama bebas penyakit. Bibit kentang bisa dibeli di supermarket atau platform e-commerce. Bibit nantinya disimpen di tempat yang lembap dan gelap. Kalo udah muncul ukuran tunas 2cm, itu tandanya kentang siap ditanem di pot yang udah disediain.

Bibit kentang

Tambahin tanah pas mulai tumbuh
Umumnya, musim tanam kentang itu termasuk panjang. Antara 100 sampe 120 hari sampe kentang itu siap buat ditanam. Selama nunggu waktu musim tanam itu, pastiin buat ngelakuin pembubuhan ketika kentang udah melewati 3-4 minggu masa tanamnya. Caranya dengan nambahin sejumlah tanah di pot yang bapak siapin. Pembubuhan ini bikin ngebentuk akar baru, nunjang berdirinya batang sama pertumbuhan umbinya.

Siap pangkas bunga kentangnya
Kentang yang lagi ditanem biasanya bakalan berbunga setelah masuk masa tanem 25 sampe 30 hari. Bunga yang muncul ini justru harus cepet-cepet dipangkas biar kagak ngeganggu perkembangan umbi dan ngebikin kentang jadi kecil karna rebutan makanan antara bunga dan kentangnya.

Kurang lebih gitu pak tips nanem kentang sendiri di pot. Kagak perlu lagi lahan gede deh buat nanem salah satu komoditas yang paling dicari ini. Udah siap jadi petani kentang rumahan, pak? Selamat mencoba ya!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
22 Sep 2022
Dilihat :
30

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait