Yang Harus Bapak Pahamin Kalo Anak Cowok Bapak Nangis

03 Jun 2022

Stigma anak cowok nggak boleh nangis itu rasa-rasanya udah ngakar banget ya di masyarakat kita. Padahal kan nangis nggak selalu sama dengan cengeng. 

1. Nangis itu manusiawi

Nangis itu normal banget, pak. Siapa pun boleh nangis, selama dikasih kelenjar air mata sama Tuhan. Nangis itu manusiawi, soalnya nangis termasuk proses alami yang ngebantu manusia buat nenangin diri. Selama anaknya nangis, artinya dia masih belon tenang. Nggak usah takut anak jadi cengeng, nggak ada hubungannya kok nangis sama cengeng itu. Saya kelilipan dikit aja nangisnya dua hari!

2. Nangis buat ungkapin rasa sedih

Semua emosi itu diekspresiin lewat caranya masing-masing. Saya kalo lagi seneng bisa ketawa ampe ngakak-ngakak. Kalo lagi takut, bisa gemeter ampe girap-girap. Termasuk juga kalo lagi sedih, ya cara ungkapinnya dengan nangis. Kalo anaknya nggak boleh nangis gegara takut jadi cengeng, pan saya jadi bingung, emang anaknya nggak boleh sedih?

3. Nangis bisa ngurangin depresi

Yang namanya emosi itu kudu diluapin, pak. Emosi sedih yang dipendem sendiri justru jadi bumerang buat anak bapak. Gegara keseringan mendem sedih sendirian, bukannya bikin anak jadi kuat, yang ada anak malah jadi stres sampe depresi. Ibarat bisul tuh kalo udah pecah kan pasti rasanya enteng banget kan? Nah, sama kayak ngeluapin emosi juga kek gitu, pak. Bapak pernah bisulan kan?

4. Nangis bikin anak jadi lebih terbuka

Sebisa mungkin kalo anak cowok saya lagi sedih, saya selalu ngasih dia kesempatan buat ungkapin perasaannya. Nggak cuma sedih aja sih sebenernya, seneng, marah, kecewa pun saya kasih kesempatan. Saya nggak mau kalo akhirnya mereka tumbuh jadi anak yang sering mendem dan keliatan kurang terbuka sama perasaan mereka.

5. Nangis bikin anak makin peka sama perasaan orang lain

Saya percaya, dengan ngasih tau kalo semua emosi itu perlu diungkapin, secara nggak langsung kita udah ngeliatih anak biar punya empati dan gampang nolong orang lain yang lagi kesusahan. Anak-anak jadi paham kalo orang nangis itu berarti lagi sedih, atinya nggak enak, bukan malah diketawain ato diceng-cengin jadi cengeng. 


Sekali lagi, nangis itu nggak sama dengan cengeng. Dibandingin ngelabelin “Anak cowok kok cengeng.” saya lebih demen ngomongnya “Lagi sedih, ya?” atau “Sedih bentar gapapa, abis itu kamu bakal jadi anak yang berani dan kuat.”

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
30

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait