Yang Kayaknya Harus Bapak Ajarkan Pada Anak Laki-Laki

Bacaan 2 menit

Sebagai orang tua pasti kita mau yang terbaik buat anak kita. Khususnya anak laki-laki kita, karena kelak dia akan jadi kepala keluarga juga. Semua yang dipelajari anak pasti berangkatnya dari lingkungan rumah. Berikut hal-hal yang harus bapak ajarkan ke anak laki-laki bapak,

Tanggung Jawab

Bapak bisa mulai dari yang simpel, misalnya ajarin anak buat ngebersihin lantai kalo dia abis numpahin makanan atau minumannya. Emang kadang mungkin anak kagak langsung mau ngelakuin, tapi bapak bisa kasih penjelasan sebab-akibat buat ngebantu anak bisa paham apa itu tanggung jawab. Misalnya, "Dek, kalo bekas tumpahannya gak dibersihin, nanti bisa munculin bakteri yang bisa bikin sakit dan juga kan kalo bersih lebih enak diliatnya dan adik tetep bisa main di lantai."

Kontrol Emosi

Bapak bisa ngasih pesan ke anak-anak kalo "Emosi itu bagian dari diri kita, jadi kitalah yang kontrol emosi, jangan malah sebaliknya." Tapi yang ini bapak harus nyontohin juga, pak. Karena anak itu pasti merhatiin dan nyontoh apa yang orang tuanya lakukan. Menurut saya, cuma orang kuat yang gak gampang dikontrol sama emosi.

Gak kasar ke cewek

Terlepas dari cewek maupun cowok, kasar ke orang lain emang gak dibolehin. Ini yang bapak tiap hari harus selalu pesen ke anak bapak yang cowok kalo kekuatannya kudu dipake buat ngelindungin cewek atau siapapun yang jauh lebih lemah fisiknya. Bapak bisa mulai dari rumah, misalkan titip untuk jagain kakak atau adik perempuan dan ibunya kalo bapak mau berangkat kerja.

Gak gampang nyerah

Anak laki-laki perlu diajarin daya juang yang tinggi buat mencapai impiannya. Karena tiap keinginan pasti butuh usaha yang keras. Mentalitas ini harus diajarin ke anak cowok bapak biar dia gak gampang nyerah. Contoh gampangnya, kalo anak bapak pengen beli mainan, bapak bisa ajak dia buat nabung sampe uangnya bisa dipake buat ngebeli mainan yang dia inginkan.

Nangis gak berarti cengeng.

Nangis itu manusiawi, pak. Mau cowok atau cewek boleh nangis pas sedih. Jadi gak ada hubungannya antara nangis sama cemen. Dengan nangis juga ngelatih anak lebih empati sama sekitar, bahwa hidup ini gak selalu tentang kebahagiaan dan kesenangan aja.

Balik lagi, bapak harus nyontohin juga. Jadi kagak cuman ngasih teori aja. Saya yakin ini masih banyak kurangnya, tapi kira-kira itu yang harus bapak ajarkan ke anak laki-laki bapak. Kalo ada yang keliwat bisa ditambahin ya, pak!

Ajari pekerjaan rumah tangga

Kerjaan rumah tangga kek masak, nyapu, nyuci piring, nyetrika itu termasuk basic life skill, pak. Biarpun bapak di rumah ada ART (asisten rumah tangga), bapak bisa ngajarin anak bapak biar ga selalu bergantung sama ART. Paling gampang sih ngasih contoh langsung di depannya. Biar paham kalau pekerjaan rumah itu tanggung jawab para penghuni rumah.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
29

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait