5 Kesalahan Umum Para Pebisnis Pemula

Bacaan 2 menit

Sebelum punya bisnis sendiri pasti mikirnya. “ah gampang cuma ini itu abis itu kelar deh dapet duit” padahal kenyataannya gak kayak gitu. Hal-hal ini pasti pernah dilakuin para pebisnis pemula.

Terlalu fokus hanya pada pengembangan produk

Lupa analisa marketnya, lupa buat jualan. Solusinya, ikut workshop-workshop tentang sales dan marketing, atau cari co-founder yang punya skill marketing dan sales. Kenapa co-founder? Biar bapak fokus di hal yang bapak jago, dan karena bapak belum mampu menggaji.

Baca ini juga pak: Rekomendasi Buku buat Bapak yang Tertarik jadi Entrepreneur

Tidak memedulikan aspek legal

Yang paling sering adalah ketika bikin usaha bareng temen atau keluarga, cuman modal verbal doang. Gak ada hitam di atas putih, "ah kita kan orang deket, gak perlu begini-beginian", percaya dah, ini adalah awal petaka, pak. Solusinya, follow akun pak @husnifaridabdat karena beliau punya misi untuk bantuin UMKM untuk bisa scale up.

Pas waktu baru mulai spending terlalu banyak atau mahal

Jadinya modal kegerus banyak sekali, gak kuat buat napas 6 bulan ke depan. Solusinya kalau saya lihat teman-teman yang sukses, mereka beli aset dan kebutuhan operasionalnya dicicil satu-satu, pelan-pelan, gak langsung diabrekin di awal, dan bisa di consider beli barang second.

Sayang kalo dilewatin: Hal yang Perlu Diperhatikan biar Adik Gak Masuk Jebakan Susah Kaya

Gak misahin rekening pribadi dan rekening bisnis

Itu namanya manajemen laci, buat belanja operasional dari sono, sekolah anak dari sono, ngadoin istri dari sono, dan lain-lain semuanya dari satu rekening. Nanti susah nge-track, ini usaha bapak untung apa rugi dah. Solusi, bikin rekening terpisah buat bisnis bapak.

Tidak memperhatikan diri sendiri dan keluarga

Gak jaga makan, gak olahraga, tidur juga kagak beres, dan lupa ngabisin waktu berkualitas dengan keluarga. Mungkin bapak kelak bakalan sukses, tapi mungkin bapak bakalan sakit-sakitan dan anak gak deket sama bapak. Buat apa pak? Solusinya, disiplin bagi waktunya, pak. Kapan harus kerja, kapan harus merawat diri dan keluarga.

Kalo udah tau salahnya dimana mending buru-buru cari solusinya biar bisnis bapak gak mandet atau sampe bubar.

Baca sekarang sebelum lupa: Jenis Investasi Yang Bisa Adik Coba di Umur 20an

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
71

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait