Hal-hal Yang Pemilik Kucing Suka Lupa Siapkan Buat Kucingnya

Bacaan 2 menit

Bapak suka kucing? Pengen miara? Ini saya mau ngasih tau beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memelihara kucing. Ini selain starter kit kucing kayak makanan, bak, pasir, serokan buat pupnya. Karena itu mah biasanya pan bapak sudah tau. 

Cat Scratcher

Secara naluriah, kucing itu suka mencakar dan menggaruk-garuk, pak. Fungsinya untuk memelihara cakar sama ngelenturin tubuh. Supaya furniture sama karpet di rumah aman, kita sediain aja karung goni, kardus bekas atau cat scratcher (ini banyak ada di marketplace, harganya 25 ribuan). Etapi kadang bapak udah beli cat scratcher tetep aja yang digrawok kasur bapak.

Cat-Scratcher

Sarung sofa, sarung mobil, sarung jok motor

Kenapa emang? Ini masih berkaitan sama poin nomer satu di atas ya, tujuannya adalah buat meminimalisir resiko. Loh tapi kenapa mobil juga harus ditutup, pak? Berdasarkan pengalaman saya, kucing-kucing itu suka bertengger di tempat yang agak tinggi, kaya atap mobil buat ngaso atau tidur. Nah, kadang pas dia manjat kuku-kukunya nancep di cat ama jendela, jadinya bikin baret-baret halus di mobil.

Baca juga ini, pak : Pengalaman warga 10 tahun pelihara kucing dengan dana pas-pasan

Obat tetes kuping

Telinga si kucing itu lembab dan hangat, sering jadi tempat favorit bakteri atau bahkan tungau telinga. Karena area itu sensitif, bapak perlu siapin obat tetes kuping untuk membantu membersihkan kotoran kuping agar lebih mudah dilap menggunakan kapas. Untuk pencegahan, teteskan 2 tetes seminggu 3x pada masing-masing telinga untuk menghindari perkembangbiakan tungau di telinga kucing.

Catnip, Snack kucing

Boleh yang berbentuk kibble atau cream bahkan sesekali dikasih catnip juga gapapa. Supaya bapak lebih bonding terutama untuk kucing yang cuek atau sebagai hadiah kalau kucing udah mau dimandiin atau dipotong kukunya.

Cat-Treats

Anggaran medis

Idealnya kucing di awal tahun-tahun hidupnya itu harus menjalani 3x vaksin (F3, F4 dan rabies) biayanya sekitar 500 ribuan per tahun. Selain vaksin kucing pun sebaiknya disteril. Karena kalau kucing birahi itu kasian banger pak, ngeong ngeong ngereog, kagak mau makan, jadi resah, kencing sembarangan. Jadi kalo emang gak mau dikembangbiakkan, baiknya disteril aja.

Selain itu bapak juga harus punya mindset buat ngejaga dan ngerawat kucing. Soalnya kadang ada orang yang mau lucunya si kucing doang, giliran ngerawatnya pada ngeluh. Tapi saya yakin bapak kaga kayak gitu. Jadi itu beberapa hal yang mesti disiapkan sebelum memelihara kucing. Sapa tau ada yang kelupaan sok mangga ditambahin ya, pak.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
209

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait