Hal-hal yang perlu bapak perhatikan kalo mau ngelempar jokes

Bacaan 2 menit

Salah satu cara biar bapak disenangi banyak orang adalah dengan menjadi humoris. Kalo bapak mau jadi orang yang humoris, selain harus pintar dan menggunakan intonasi yang tepat serta menguasai facial expressions, bapak harus tau tips-tips lainnya. Ini saya mau kasih tau hal-hal yang perlu bapak perhatikan kalo mau ngelempar jokes, biar bapak makin mantep dalam ngelawak.

Kenali audiens bapak

Misalnya, bapak jangan ngasih jokes plesetan ke anak-anak umur 3 tahun. Kebanyakan gak berhasil pak, soalnya saya udah coba ke ponakan saya tapi gak pernah berhasil. Padahal udah sering saya ulang-ulang jokesnya, udah saya coba jelasin juga, tapi masih juga gak ngerti dia. Kaga tau dah kenapa.

Waktunya pas apa kagak

Jangan ngejokes pas istri bapak lagi meeting online sama kantor pas lagi giliran dia ngomong, udah gitu anak bapak ribut minta dicebokin ke mamanya, bukannya bantuin malah bapak lempar jokes. Atuhlah pak. Kalau mau lempar lawakan, dilihat-lihat ya pak waktunya. Kalo waktunya kurang tepat malah bapak dianggep gak asik nanti.

Bapak udah pernah ngasih lawakan itu atau belom?

Lawakan itu ada masa kadaluarsanya juga, pak. Jokes-jokes yang sering bapak liat di internet itu juga pasti kebanyakan orang pasti udah tau. Kalo bapak punya jokes yang belom pernah bapak lempar, diawet-awet pak. Satu joke keluarin di rumah sekali, di kantor sekali, di tongkrongan sekali. Terus coba bapak inget-inget dulu sebelum ngelempar tuh lawakan, takutnya udah pernah. Jangan sampe udah pernah bapak lempar jokesnya, mana kaga lucu lagi, eh diulang-ulang juga. Ck.

Jangan ketawa duluan

Pak Munawir sering banget begini nih, mau cerita tapi beliau udah ngakak duluan, tapi untung kalo beliau mah udah pasti lucu sih. Kalo bapak saran saya jangan coba-coba, takutnya pas lawakannya kelar, yang lain kaga ngerasa lucu, tapi bapak tetep ketawa. Udah gitu bapak ketawanya kenceng, kan sedih liatnya.

Bercandanya yang enteng-enteng aja

Saran saya sih ya pak, hindari topik yang ofensif atau kontroversial. Karena bukannya malah bikin seneng dan bahagia, malah bisa bikin pertikaian pak. Bapak bisa lemparin jokes yang ringan, seperti inside jokes dengan teman atau kolega bapak. Kalo di kami, kami punya jokes kaki dekilnya Pak Munawir. 

Kurang lebih itulah hal-hal yang perlu bapak perhatikan kalo mau ngelempar jokes. Inget pak, tujuan bapak ngelempar jokes adalah biar orang bisa seneng dan bahagia, jadi jangan lupa utamakan kebaikan dan respect terhadap orang lain dalam humor yang bapak bawakan. 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
53

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait