Kebiasaan-Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan biar Hidup Lebih Sederhana dan Tenang

Bacaan 2 menit

Gak semua hal harus dikejar, gak semua hal harus punya, gak semua hal harus sama. Kebanyakan dari kita pasti ada masanya ngebanding-bandingin diri sendiri sama orang lain yang udah punya pencapaian lebih banyak dari yang kita punya. Ini yang bikin perasaan dalam diri sendiri jadi ngerasa gak tenang dan selalu ngerasa gak cukup. Makanya beberapa hal ini perlu dilepas biar hidup yang dijalani bisa lebih sederhana dan tenang.

Mengikuti tren

habit-tren

Tren sekarang bukan lagi nunggu beberapa tahun sampe muncul tren baru, kadang merem dikit tiba-tiba ada lagi tuh tren baru yang muncul. Kalo ngikutin tren yang ada mah gak akan ada habisnya. Entar muncul tren kendaraan baru, besoknya muncul tren tas baru, makanan baru, dan seterusnya. Ini kalo ngikutin terus yang begini-begini pasti bakal boncos, kagak ada tuh hidup sederhana atau minimalis yang pengen banget diwujudin itu. Jadi mending ditinggalin.

Baca ini dah pak: Rekomendasi Sandal yang Nyaman dan Tetap Keliatan Trendy buat Bapak

Notifikasi smartphone

habit-notification-off

Berasa kagak tiap lagi fokus kerja atau lagi ngelakuin kegiatan lain, terus tiba-tiba notifikasi muncul, semua jadi buyar. Mau itu notifikasi sosmed, chat, dan lainnya. Nah, buat dapet ketenangan, coba deh buat pilah-pilah lagi notifikasi yang mau dinyalain apa aja jangan semua dipasang notifikasi, itu kerjaan utamanya jadi gak kelar-kelar. Pilih aja, misal nyalain notifikasi cuma buat chat dari orang-orang yang diprioritasin, nanti kalo yang laen ada hal penting juga bakal nelpon. Ngurangin masang notif gini justru bikin hidup jadi lebih tenang dan waktu yang kepake gak kebuang.

Melakukan hal yang gak enjoy

habit-enjoy-life

Lifestyle orang-orang yang sering banget diliat di sosial media, kadang bikin kita jadi terpaksa ngelakuin hal yang sama, padahal gak suka-suka banget. Atau kita lagi coba ngelakuin hobi baru, tapi semakin dilakuin kok kayanya gak cocok sama kita. Nah, kalo udah ngerasa kayak gini mending keluar aja dari zona tersebut. Ngelakuin hal yang gak enjoy pan jadi gak nyaman, lama-lama jadi stress sendiri gegara kepikiran terus sama hal tersebut. Biar makin tenang ngejalanin hidup, coba buat tinggalin deh dikit-dikit.

Udah waktunya liburan pak: Trik yang Bisa Dipake buat Ngehemat Uang pas Wisata ke Jepang

Belanja tanpa rencana

habit-shopping

Iseng jalan-jalan ke mall terus masuk ke toko-tokonya, pas awal cuma pengen liat-liat eh tiba-tiba nenteng produk dari tuh toko. Yang kayak begini nih yang jadi tuman bikin duit boncos, niatnya mau hidup sederhana malah jadi konsumtif. Pan tiap bulan udah ada anggarannya masing-masing yak, usahain deh jangan ngelebihin anggaran pengeluaran bulanannya. Kalo pengen beli, anggarin lagi buat bulan depan.

Menunda-nunda hal sepele

habit-repair

Pasti semua orang pernah ngalamin ini nih. Dimintain tolong gantiin lampu yang mati di dapur, malah bilang nanti-nanti mulu. Gitu aja terus sampe berbulan-bulan tuh lampu kagak diganti. Padahal ganti lampu palingan juga 5 menit beres, ini ampe ditunda berbulan-bulan. Kurang-kurangin deh yang begini, soalnya nanti malah jadi kebiasaan jelek. Walopun keliatannya sepele banget tapi ngaruh bener sama kegiatan yang laen. Nunda-nunda gini pan bikin hati gak tenang, kalo bisa dikerjain cepet ya kerjain deh daripada nimbulin masalah baru.

Intinya hal-hal yang bikin diri sendiri jadi makin sulit mulai ditinggalin deh. Pan kalo mau hidup yang sederhana dan lebih tenang, diri sendiri dulu yang harus diberesin.

Baca selagi lewat: 3 Cara yang Bisa Bapak Lakuin buat Ubah Kebiasaan Buruk

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
93

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait