Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi Berdasarkan Usia

Bacaan 2 menit

Kalo lagi gak punya duit pasti sering mikir, kenapa gak dari kecil aja ya ngumpulin duit biar punya tabungan pas udah gede gini. Padahal pas kita masih kecil bisa aja mulai nabung buat masa depan, tapi karena wawasan soal ngelola finansial ini masih minim jadi banyak bener kesalahan-kesalahan finansial yang terus dilakuin di berbagai usia.

Menarik buat dibaca: Kebiasaan Buruk yang Bikin Gajian Numpang Lewat Doang Depan Adik

Usia 10-20 tahun

kesalahan-finansial-usia-10-20-tahun

Kesalahan finansial yang paling dasar adalah di usia 10-20 tahun kita gak diajarkan tujuan dari menabung, gak dikasih tau juga bukti nyata dari hasil menabung tersebut jadi kita gak tau langkah selanjutnya yang bisa dilakukan. Harusnya pan di usia segini juga perlu dikasih tau apa tujuan dari menabung tersebut biar punya semangat atau gairah dalam menabung. Makanya, penting juga nih buat ngajarin cara ngelola anggaran sejak remaja, biar paham gimana buat kasih skala prioritas, bisa bedain anggaran buat kebutuhan utama dan kepuasan pribadi.

Usia 20-30 tahun

kesalahan-finansial-usia-20-30-tahun

Di usia segini masalah yang paling umum tapi disepelein adalah gak bikin anggaran belanja, sering kali kalang kabut dan gelap mata buat belanja, uang habis di akhir bulan terus di pertengahan bulan bakal ngerasa kekurangan uang buat memenuhi keperluan. Adik-adik di usia ini pasti pernah ngalamin, apalagi kalo adik gak mempersiapkan dana darurat, uang dari hasil kerja langsung dihabisin buat menuhin kebutuhan hidup sehari-hari. Kalo udah kayak gitu sewaktu-waktu adik kena PHK atau gak punya pekerjaan, adik gak punya dana darurat buat memenuhin kebutuhan tiap bulan. Mending belajar lagi buat kelola uang dan salurin uang tersebut ke investasi, jadi gak cuma pinter nyari side income-nya aja.

Baca ini sebelum lanjut: 5 Mindset yang Harus Dimiliki Di Umur 25-an

Usia 30-50 tahun

kesalahan-finansial-usia-30-50-tahun

Udah masup usia antara 30 sampe 50 tapi masih gak punya dana investasi buat pendidikan anak, kesehatan dan kebutuhan penting lainnya jadi kesalahan finansial yang sering diadepin. Padahal kalo kita udah punya manajemen keuangan yang baik, kita bisa berinvestasi sejak awal dan mampu meng-cover kebutuhan penting keluarga tanpa harus gali lubang tutup lubang dengan cara minjem uang. Ini yang jadi cikal bakal anak kita gak punya pendidikan finansial yang mumpuni, gak terbentuknya mindset keuangan yang baik, dan anak nantinya bakal ngikutin gimana cara hidup kedua orang tuanya.

Usia 60 tahun ke atas

kesalahan-finansial-usia-60-tahun-ke-atas

Akhirnya pas usia udah mencapai 60 tahun ke atas, kita malah jadi ngebentuk generasi sandwich buat anak-anak kita karena gak punya dana yang cukup buat memenuhi kehidupan sendiri dan gak menyiapkan dana pensiun yang mau gak mau orang tua harus menggantungkan hidup sepenuhnya ke anak. Utang yang dipunya adalah bentuk konsumtif yang digunakan saat gali lobang tutup lobang sebelumnya.

Gak mau pan kalo masa depan anak malah jadi kehalang gara-gara kesalahan dari diri kita sendiri. Kalo emang rantai kesalahan finansial tadi adalah warisan dari orang tua, maka kita harus berani buat mutus rantai tersebut.

Sayang buat dilewatin: Alasan Kenapa Bapak Susah Jadi Orang Kaya

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
82

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait