Rekomendasi Channel Youtube yang Kudu Bapak Tonton Kalau Mau Renovasi Rumah

Bacaan 2 menit

Punya rumah udah pasti perlu juga buat perhatiin perawatannya, apalagi kalo udah bermusim-musim dilalui, rumah pasti butuh renovasi. Renovasi rumah juga jangan nunggu rusak semuanya baru dibenerin, yang ada itu rumah ancur duluan. Nah, channel-channel Youtube ini bisa bapak tonton buat referensi pas renovasi rumah nanti.

WicakMifta

renovasi-rumah-wicakmifta

Channel sumber inspirasi yang ramah buat pemula. Gak banyak pake istilah-istilah ribet dan cocok ditonton waktu bapak mau bobo. Favorit saya konten yang InspiArsi, ngebahas rumah-rumah yang udah terbangun bareng sama arsiteknya langsung. Ngebahasnya mulai dari layout, material, design interior, perabotan, sampe pernak pernik juga ikut dibahas. Bisa nih jadi inspirasi buat renovasi rumah nanti.

Baca ini sekalian pak: Yang Perlu Bapak Lakukan Setelah Serah Terima Rumah Sebelum Renovasi

Arsitektour Indonesia

renovasi-rumah-arsitektour

Channel review rumah yang asik buat didengerin sambil belajar arsitektur tipis-tipis, walopun saya lagi kagak renovasi atau mau beli rumah. Emang beda ya pak, kalo yang nge-host atau nge-review itu emang arsitektur. Sudut pandangannya bisa lebih kaya, ngebahasnya detail banget-bangetan, banyak ilmu, tapi tetep seru dan renyah bat masuk kuping.

Livinglovingnet

renovasi-rumah-livinglovingnet

Tiap ngeliat video-video dari channel ini, rasanya kek panca indra lagi dimanja sama videografi yang sejuk dan cerita soal rumah yang lembut didenger. Berasanya kek lagi dipuk-puk. Jadi kaga serta-merta bahas soal teknis atau design aja, pak. Favorit saya segmen "lovely nest", bikin saya ngerti kalo mendengarkan cerita tentang sebuah rumah itu ternyata menyenangkan sekali.

Disabilitas Punya Cara

renovasi-rumah-disabilitas-punya-cara

Channel ini bukan channel arsitek, tapi wajib banget bapak tonton sebelum renovasi rumah, biar bapak kagak hah heh hoh doangan waktu ngomong sama tukang. Minimal tau prinsip-prinsip kerja tukang kayak apa. Plus beliau ini banyak banget bagi-bagi ilmu buat mengatasi masalah-masalah teknis di rumah, kayak dak rembes, tembok lembab, plester dinding, sampe tips nyari toren air aja ada, pak.

Rizki Abadi

renovasi-rumah-rizki-abadi

Channel ini menurut saya kumplit banget isinya buat bapak yang lagi mau renovasi rumah. Soalnya, kagak cuma sekedar home tour rumah gedong doang. Beliau juga punya segmen-segmen khusus kaya "rumah mungil", ngebahas rumah bareng arsitek (ngobras), sampe video serial bangun rumah juga ada. Pembahasannya cukup dalem dan serius tapi enak diikutin, banyak banget ide yang bisa diambil.

Arsitag

renovasi-rumah-arsitag

Nah, kalau bapak pengen tau banyak soal rumah dari sudut pandang arsiteknya langsung, channel yang ini wajib diliat, pak. Soalnya, di video-video Arsiteg ini arsiteknya bakal ngejelasin detil banget soal teknis-teknis rumahnya. Tentunya rumah yang dibahas juga terkurasi dengan baik dan keren-keren sekali. Kaga cuma yang gede-gede doangan, yang kecil-kecil tapi ciamik juga banyak.

Mumpung lewat: Yang Sebaiknya Bapak Lakukan ke Tetangga Sebelum Renovasi Rumah

Makin banyak referensi yang bapak tonton, makin banyak juga ilmu dan gambaran yang bisa bapak terapin pas renovasi rumah nanti.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
138

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait