Waktu-Waktu yang Tepat buat Makan Makanan Manis

Bacaan 2 menit

Makan makanan manis tuh berasa kayak kecanduan kalo sekali makan, pasti bakal terus-terusan gak berenti. Makanya buat konsumsi gula ini ada waktu-waktunya biar gak nimbulin penyakit.

Tidak di pagi hari

sarapan-makanan-manis

Pas sarapan pasti kita pengennya yang ringan-ringan dan simple kayak roti isi selai coklat, sereal, atau cake sisa kemaren di kulkas. Padahal konsumsi makanan manis di pagi hari kagak baik. Soalnya, makanan manis yang dimakan pas sarapan bisa bikin lonjakan kadar gula darah yang tinggi secara besar-besaran, ditambah dengan peningkatan dan penurunan energi sepanjang hari. Pan kalo pagi kita justru butuh energi yang cukup buat ngejalanin hari, bisa-bisa makanan manis ini ganggu asupan nutrisi yang ada dalam tubuh.

Udah baca ini belom: Rekomendasi Makanan yang Bisa Adik Bawa buat Calon Mertua Kalo Lagi Ngapel

Setelah makan siang

lunch-makan-manis

Alasan lainnya kenapa makanan manis gak disaranin dikonsumsi pas sarapan adalah bakal memicu keinginan buat makan lebih banyak makan manis seharian. Makanya kalo mau makan manis lebih baik setelah makan siang. Ini jadi taktik juga biar neken keinginan kita buat makan manis, kalo udah kenyang pan perut jadi gak mau lagi buat nampung, alhasil makanan manis yang dimakan setelah makan siang tadi jadi lebih sedikit. Selain itu makanan manis yang dimakan siang hari punya kesempatan buat dibakar lagi kalorinya sepanjang hari. Kasih jeda juga setelah makan siang, karena makanan manis bisa bikin perut jadi kembung bikin gak nyaman kalo dikonsumsi langsung setelah makan siang. Kasih aja waktu sekitar 10-15 menit atau kalo mau lebih amannya kasih waktu sekitar satu jam setelah makan siang.

Setelah berolahraga

olahraga-makan-manis

Abis olahraga ko makan yang manis? Tenang, hal ini justru disaranin sama Dr. Sharma, Konsultan Senior Nutrii & Diet di RS Marengo Asia. Soalnya setelah olahraga pasti badan butuh pengisian kembali simpenan glikogen buat bantu pemulihan otot. Apalagi kalo konsumsi makanan manis ini dipasangin sama makanan kaya protein, makin bagus karena bisa ningkatin perbaikan dan pertumbuhan otot.

Baca ini juga pak: Makanan-Makanan yang Perlu Dihindari Kalau Punya Penyakit Asam Urat

Makan manis di sore hari

makanan-manis-donat

Buat makanan manis yang lebih ringan, sore hari adalah waktu yang tepat buat puas-puasin makan makanan manis tanpa ngeganggu metabolisme dan kadar gula di kemudian hari. Beberapa pilihan makanan seperti yogurt atau makanan berbahan dasar buah bisa kamu konsumsi.

Tidak makan manis di malam hari

makanan-manis-dinner

Awas kelewat: 5 Makanan Sehat di bawah ceban yang mudah bapak temuin sehari2

Makan makanan manis di malam hari bisa bikin lonjakan gula darah yang tinggi sehingga bisa ganggu pola tidur dan berpotensi buat naikin berat badan. Daripada konsumsi yang manis mending pilih makanan yang lebih sehat dalam porsi kecil kayak sepotong black coklat atau seporsi kecil sorbet buat menuhin keinginan makan manis di malam hari tanpa harus membebani sistem tubuh.

Makanan manis punya manfaatnya juga buat badan daripada ngebatesin banget makanan manis mending tetep konsumsi tapi di waktu yang tepat, soalnya kalo kelamaan gak konsumsi manis bisa-bisa di kemudian hari kita bakal kalap buat konsumsi makanan manis tersebut.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
88

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait