Apa Aja yang Harus Ditanyakan Saat Interview Kerja

Bacaan 2 menit

Banyak hal yang harus adik siapin pas mau masuk ke dunia kerja, bukan cuma skill di bidang adik aja, tapi skill komunikasi juga diperluin. Kalo biasanya adik khawatir bakal apaan aja yang HRD bakal tanyain ke adik pas interview kerja nanti, adik juga perlu pikirin apa aja yang bakal adik tanyain ke perusahaan mereka.  

Kenapa hiring untuk posisi ini?

interview-kerja-posisi

Ada beberapa kemungkinan, misalnya untuk replacement, bikin tim atau produk baru, atau karena butuh orang dengan skill khusus. Kalo tau tentang ini, adik bakal punya bayangan tentang posisi adik nanti. Kalo adik masup ke tim baru, tentu workflow-nya baru aja disusun, belom terlalu settle. Sedangkan kalo adik jadi replacement, adik yang harus banyak nyesuain diri sama cara kerja yang udah ada di sono, biar bisa nyesuain intinya mah.

Skill-Skill yang Jarang Dikasih Tau Orang Padahal Penting Banget Buat Adik Kuasai

Gimana struktur team-nya untuk saat ini?

kerja-tim

Adik bakal report ke siapa? Ada seniornya kah? Ada juniornya kah? Ada yang bantuin adik kah? Semakin lengkap strukturnya, berarti kerjaan adik bakal lebih jelas. Tapi gak nutup kemungkinan, untuk perusahaan rintisan di early stage, adik langsung report ke C-level dan kerjaannya tetep jelas. Malahan adik bisa lebih banyak belajar kalo di perusahaan yang kayak gini. Intinya sesuain sama ekspektasi adik aja.

Flow kerja hariannya kayak gimana?

workflow

Ada perusahaan yang menitikberatkan sama proses brainstorming tim untuk nyelesain kerjaan, ada perusahaan yang lebih top down soal eksekusi dan planning. Adik juga bisa tanya tentang sistem kerjanya, apakah kerja 9-5 setiap hari, atau boleh WFH di waktu-waktu tertentu. Bakal banyak visit ke luar untuk ketemu client dan lain-lain atau lebih sering stay aja di kantor. Semua harus masuk dalam pertimbangan adik.

Jenjang kariernya seperti apa?

jabatan-karir

Biar adik bisa nyesuain ekspektasi adik nanti kalo kerja di sini. Perusahaan yang udah established biasanya punya jenjang yang jelas. Tapi perusahaan rintisan biasanya gak terlalu ada jenjang karirnya. Gak berarti buruk juga, ini balik lagi ke apa yang sebenernya adik cari. Mau cari jenjang, gaji, pengalaman, atau relasi? Mumpung masih di tahap interview, adik bisa pikirin lagi apa yang sebenernya adik mau.

Tips Memilih Karir yang Adik Impikan

Ekspektasi untuk role ini dan challenge-nya apa aja?

ekspektasi-kerja

Ini bakal membantu adik untuk membayangkan scope kerjaan adik. Ada perusahaan yang nyari designer, tapi harus bikin ide konsep juga. Ada juga perusahaan yang memang mempekerjakan designer cuma untuk eksekusi design doang. Biasanya udah dipasangin sama director dan copywriter. Kalo pertanyaan tentang challenge, berarti kerikil-kerikil yang bakal adik hadapin nanti. Nah, tinggal adik pikir-pikir, kira-kira bisa gak adik nyelesainnya.

Toiletnya di sebelah mana ya?

toilet-wc

Karena kemungkinan adik nervouse, ditambah lagi AC-nya dingin bat, bikin adik kebelet pipis. Jangan malu-malu untuk nanya di mana toilet dan jangan pernah nahan-nahan pipis kalo lagi interview, nanti malah kagak fokus. Ditanya A jawabnya B, ditanya B jawabnya mie rebus. Gak tau kenapa mie rebus, saya lagi kepikiran aja. Cuacanya mendung mulu soalnya. Mie rebus, pake sawi, telornya dua, setengah mateng. Mantep.

Jadi, jangan cuma perusahaan yang nanya-nanya soal adik aja, tapi adik juga harus tanya soal perusahaannya. Biar apa? Biar adik bisa observasi juga gimana kantornya nanti dari segi lingkungan atau gaji yang diinginkan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
61

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait