Banyak hal yang harus adik siapin pas mau masuk ke dunia kerja, bukan cuma skill di bidang adik aja, tapi skill komunikasi juga diperluin. Kalo biasanya adik khawatir bakal apaan aja yang HRD bakal tanyain ke adik pas interview kerja nanti, adik juga perlu pikirin apa aja yang bakal adik tanyain ke perusahaan mereka.
Kenapa hiring untuk posisi ini?
Ada beberapa kemungkinan, misalnya untuk replacement, bikin tim atau produk baru, atau karena butuh orang dengan skill khusus. Kalo tau tentang ini, adik bakal punya bayangan tentang posisi adik nanti. Kalo adik masup ke tim baru, tentu workflow-nya baru aja disusun, belom terlalu settle. Sedangkan kalo adik jadi replacement, adik yang harus banyak nyesuain diri sama cara kerja yang udah ada di sono, biar bisa nyesuain intinya mah.
Skill-Skill yang Jarang Dikasih Tau Orang Padahal Penting Banget Buat Adik Kuasai
Gimana struktur team-nya untuk saat ini?
Adik bakal report ke siapa? Ada seniornya kah? Ada juniornya kah? Ada yang bantuin adik kah? Semakin lengkap strukturnya, berarti kerjaan adik bakal lebih jelas. Tapi gak nutup kemungkinan, untuk perusahaan rintisan di early stage, adik langsung report ke C-level dan kerjaannya tetep jelas. Malahan adik bisa lebih banyak belajar kalo di perusahaan yang kayak gini. Intinya sesuain sama ekspektasi adik aja.
Flow kerja hariannya kayak gimana?
Ada perusahaan yang menitikberatkan sama proses brainstorming tim untuk nyelesain kerjaan, ada perusahaan yang lebih top down soal eksekusi dan planning. Adik juga bisa tanya tentang sistem kerjanya, apakah kerja 9-5 setiap hari, atau boleh WFH di waktu-waktu tertentu. Bakal banyak visit ke luar untuk ketemu client dan lain-lain atau lebih sering stay aja di kantor. Semua harus masuk dalam pertimbangan adik.